Jumat, 13 Januari 2012

Tingkatkan kecepatan akses website dengan CloudFlare

Tingkatkan kecepatan akses website dengan CloudFlare


           Harga web hosting di Indonesia masih tergolong mahal, ada yang murah tapi fitur-fiturnya dibatasi atau fiturnya lengkap tapi uptime-nya meragukan alias tidak stabil. Web hosting di luar Indonesia menawarkan harga yang murah dengan fitur yang lengkap dan uptime yang menjanjikan. Namun, mengingat server-nya berada di luar negeri, ini akan membuat web atau blog yang kita miliki menjadi lebih lambat diakses dari Indonesia. Untungnya ada CloudFlare yang akan membuat kecepatan akses website kita menjadi lebih cepat! Sebelumnya kita berkenalan dulu dengan CloudFlare, apa itu CloudFlare?

              CloudFlare merupakan layanan GRATIS berupa proxy, firewall, dan CDN (Content Delivery Network). Proxy akan mengarahkan visitor ke firewall CloudFlare, jika visitor dianggap aman dari penganggu, selanjutnya visitor akan diarahkan ke CDN CloudFlare. Mungkin prosesnya lebih panjang, tapi kenyataannya tidak karena proxy dan firewall CloudFlare bekerja dengan sangat cepat.
Di bawah ini adalah tutorial singkat yang sudah saya buat, selamat mencoba.
  1. Daftar CloudFlare.
  2. Setelah selesai daftar, silakan login dengan email dan password yang sudah didaftarkan.
  3. Nah, kamu akan dibawa ke sebuah form, isikan domain yang kamu miliki dan klik Add this website.
  4. CloudFlare akan menganalisa domain kamu, tunggu selama kira-kira 40 detik, setelah selesai klik Continue to Step 2.
  5. Cek, apakah DNS records dari domain kamu lengkap? Atau ada yang kurang? Kalau ada yang kurang silakan tambahkan di form yang sudah tersedia. Kalau sudah selesai, klik I’ve double checked.
  6. Pengaturan DNS records kamu sudah disimpan oleh CloudFlare. Sekarang kita lihat, domain dengan awan oranye menandakan bahwa domain dan sub-domain kamu akan dialikan ke CloudFlare sedangkan sub-domain dengan awan kelabu berarti akan mengarah langsung ke web hosting yang kamu miliki. Kalau ok, klik My settings look good, continue.
  7. Nah, langkah terakhir, ganti Name Server (NS) domain kamu dengan NS yang diberikan oleh CloudFlare. Jika sudah klik I’ve updated my name servers, continue.
          Silakan tunggu paling lama 48 jam untuk proses update Name Server bergantung pada ISP yang kamu gunakan. Pada dashboard, kamu bisa mengubah berbagai pengaturan CloudFlare untuk website kamu dan juga melihat laporan / statistik mengenai website kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar