Senin, 19 Maret 2012

Tugas Kewarganegaraan 3

1.Berikan pengertian tentang bangsa Indonesia? 
 Jawab :
Bangsa Indonesia adalah suatu wilayah yang terdiri dari Ribuan kepulauan yang berbangsa satu yaitu bangsa indonesia didasakan asas BHINEKA TUNGGAL IKA

2.Apakah yang dimaksud dengan negara?
Jawab :
Negara adalah organisasi tertinggi di antara suatu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup di dalam daerah tertentu yang mempunyai pemerintah yang berdaulat.

3.Sebutkan unsur-unsur negara, apa saja?
Jawab :
Wilayah, Penduduk, Pemerintah dan kedaulatan

4.NKRI didirikan berdasarkan UUD 1945, tunjukkan ada di Pasal berapa
Jawab :
Ada pada Bab IXA, Pasal 25A UUD 1945 Wilayah Negara. yang berbunyi Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang. 

5.Bagaimana proses terjadinya suatu negara di jaman modern ini?
Jawab :
Suatu negara akan sealu berkembang seiring dengan perkembangan masyarakatnya. Negara tidak bersifat statis, akan tetapi terus berevolusi. Kenneth Waltz (1979), mengungkapkan bahwa Negara merupakan penggabungan dari berbagai individu yang berinteraksi satu sama lain untuk memaksimalkan kepentingan mereka sendiri. Asal terbentuknya sebuah negara adalah individu yang memiliki persamaan ide dan kepentingan dengan individu lainnya. Sebuah negara terbentuk setelah manusia meninggalkan cara hidup nomaden dan kemudian mulai menetap di suatu wilayah. Pada awalnya, berdirinya suatu negara sangat berkaitan erat dengan Dinasti. Untuk ukuran negara modern, negara dapat didefinisikan sebagai suatu kesatuan masyarakat, wilayah, pemerintahan yang berkuasa, serta mengurusi tata tertib serta kelemahan masyarakat. Unsur utamanya adalah masyarakat, wilayah dan pemerintahan. Di negara modern, masyarakatlah yang dijadikan sebagai penentu masa depan suatu negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar