Sabtu, 09 Juni 2012

Evaluasi BAB 2


1. Apakah yang dimaksud dengan distribusi frekuensi? Bagaimana hubungan antara distribusi frekuensi dan data berkelompok?
Jawab :
- Distribusi frekuensi, yaitu pengelompokkan data ke dalam beberapa kelompok (kelas) dan kemudian dihitung banyaknya data yang masuk ke dalam tiap kelas.

2. Apakah yang dimaksud dengan histogram dan poligon frekuensi? Bagaimana hubungan antara keduanya?
Jawab :
- Histogram adalah penyajian data distribusi frekuensi yang diubah menjadi diagram batang. Garis vertikal untuk menyatakan frekuensi masing-masing kelas dan garis herisontal untuk menyatakan pembagian kelas (dengan menggunakan class boundary bawah).

- Polygon Frekuensi yaitu suatu gambar untuk menjelaskan distribusi frekuensi yang dinyatakan dengan garis lurus yang menghubungkan titik tengah (class mark) dari frekuensi masing-masing kelas. Garis vertikal untuk menyatakan frekuensi masing-masing kelas dan garis herisontal untuk menyatakan pembagian kelas (dengan menggunakan class mark).


3. Apakah yang dimaksud dengan interval kelas, limit kelas, batas kelas, serta titik tengah kelas, frekuensi kumulatif, dan ogif? Jelaskan masing-masing dengan singkat!
Jawab :
 - Interval Kelas adalah jangkauan atau jarak antara kelas yang satu dengan yang lainnya secara berurutan.

- Limit kelas adalah nilai Batas dari f(x).

- Batas Kelas adalah Yaitu nilai-nilai ujung yang terdapat pada suatu kelas (ada Batas bawah, ada Batas atas)

- Ogif adalah distribusi frekuensi kumulatif yang diagramnya dalam sumbu tegak dan mendatar.

4. Sebutkan dan terangkan secara singkat hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah distribusi ?
Jawab :
Distribusi frekuensi digambarkan melalui yang disebut tabel distribusi frekuensi. Dari distribusi frekuensi, dapat diperoleh keterangan atau gambaran sederhana dan sistematis dari data yang diperoleh.

5. Ada berapa macamkah distribusi frekuensi yang Anda ketahui? Jelaskan pengertian distribusi frekuensi yang dimaksud!
Jawab :
Ada 3 Macam Distribusi Frekuensi, yaitu Distribusi Frekuensi Biasa, Distribusi Frekuensi Relatif dan Distribusi Frekuensi Kumulatif.

- Distribusi Frekuensi Biasa
adalah distribusi frekuensi yang hanya berisikan jumlah frekuensi dari setiap kelompok data atau kelas. Ada dua jenis distribusi frekuensi biasa, yaitu distribusi frekuensi numerik dan distribusi frekuensi peristiwa atau kategori.

- Distribusi Frekuensi Relatif
Adalah distribusi frekuensi yang berisikan nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dan jumlah pengamatan yang terkandung dalam kumpulan data yang berdistribusi tertentu.

- Distribusi Frekuensi Kumulatif
Distribusi frekuensi kumulatif adalah distribusi frekuensi yang berisikan frekuensi kumulatif. Frekuensi kumulatif adalah frekuensi yang dijumlahkan. Ada dua macam distribusi frekuensi kumulatif, yaitu distribusi frekuensi kumulatif kurang dari dan distribusi frekuensi kumulatif lebih dari.

6. dosen statistik menyusun distribusi frekuensi nilai-nilai ujian yang diperoleh melalui pengamatan terhadap 100 mahasiswa. Hasilnya adalah sebagai berikut.
Tentukanlah:
A. Batas bawah kelas keempat;
B. Batas atas kelas ketiga;
C. Titik tengah kelas kelima;
D. Tepi bawah kelas ketujuh;
E. Tepi atas kelas keenam;
F.Panjang interval kelas kedua;
G. Frekuensi relative kelas keenam;
H. Banyaknya kelas;
I. Frekuensi kelas kesatu;
J. Interval kelas yang frekuensinya terbesar!

Jawab :
A. 30,00
B. 29,99
C. 49,99 + 40 : 2 = 44,995
D. 60,00
E. 59,99
F. 4,5
G. 15
H. 10
I. 1
J. 49

Tidak ada komentar:

Posting Komentar